Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Mobil Impian Telah Datang, Honda Freed! July 9, 2009

Filed under: Auto — heycometomyworld @ 4:40 am

honda-freedHonda selama ini terkenal dengan kendaraan premium, unggul di sedan dan terus memimpin di segmen ini. Namun tampaknya pabrikan mobil asal Jepang itu juga mulai melirik peluang besar di segmen kendaraan keluarga. Keluarga Indonesia yang biasanya menganut sistem extended family, cenderung memilih kendaraan yang lapang, bisa memuat banyak.

Kebutuhan ini dijawab oleh PT Honda Prospect Motor dengan meluncurkan mobil keluarga terbaru, yaitu Honda Freed di Ritz Carlton Hotel, Pacific Place, Jakarta, Senin (29/6). Mengusung tagline It’s a new life, let’s Freed, Honda Freed diproyeksikan menjadi pilihan utama bagi keluarga-keluarga generasi baru di Indonesia.

Yukihiro Aoshima President Director PT Honda Prospect Motor saat peluncuran mobil terbaru Honda di Ritz Carlton, Pacific Place, mengungkapkan setelah menjadi menjadi MPV terlaris dan meraih berbagai penghargaan di Jepang, Honda Freed kini hadir untuk konsumen di Indonesia.

“Honda Freed merupakan sebuah produk Internasional yang dikembangkan dengan standar kualitas Honda berdasarkan kebutuhan konsumen di Indonesia. Kami juga bangga bahwa Indonesia telah diberi kepercayaan untuk menjadi basis produksi untuk model ini di kawasan Asia Tenggara,” ujar Aoshima saat peluncuran Honda Freed di hadapan media.

Honda Freed pertama kali diperkenalkan di Jepang pada Mei 2008. Sejak diluncurkan, model ini langsung menorehkan prestasi di Jepang, antara lain dengan meraih gelar Best Value pada ajang Japan Car of the Year 2008-2009.

Selain itu Honda Freed juga mencatat angka penjualan Minivan tertinggi di Jepang  untuk tahun 2008, dengan total penjualan76.395 unit dari bulan Mei 2008 sampai Mei 2009. Indonesia menjadi negara pertama di dunia–di luar Jepang–yang meluncurkan model ini ke pasaran.

Honda Freed merupakan sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV) yang memadukan fungsionalitas dari sebuah kendaraan berkapasitas 7 penumpang, dengan desain stylish dan teknologi terdepan yang menjadi ciri produk Honda.

Dilihat dari eksteriornya, Honda Freed sudah tampil berbeda dari semua model MPV di Indonesia. Hadir dengan konsep triangle square, di mana bentuk depan yang segitiga dipadu dengan bagian kabin berbentuk kotak menghasilkan desain yang dinamis dan kelapangan kabin. Eksterior Honda Freed disempurnakan dengan balutan curving art surface yang memberikan lekukan-lekukan bergaya mewah pada bodi Honda Freed.

Akses keluar masuk kabin Honda Freed dibuat lebih mudah dengan hadirnya power sliding door (pintu geser) dengan bukaan yang lebih lebar dan lantai kabin yang lebih rendah. Fitur power sliding door juga merupakan fitur mewah yang pertama kalinya terdapat dalam sebuah model MPV di Indonesia.

Di dalam kabin, keunikan Honda Freed semakin jelas dengan hadirnya King & Queen Seat di baris kedua. Komposisi bangku tersebut dirancang untuk memudahkan komunikasi dan perpindahan penumpang di seluruh baris dalam kabin, atau yang disebut sebagai walk through cabin.

Tak hanya unik, kabin Honda Freed juga dirancang untuk menghasilkan kenyamanan, utilitas tinggi, serta tingkat kelapangan tertinggi di kelasnya. Untuk itu, konsep yang disebut Honda sebagai open cafe diterapkan antara lain dengan menciptakan desain dashboard bertingkat yang tak hanya memberi kesan luas, tapi juga praktis untuk berbagai macam keperluan.  Bangku baris ketiga yang bisa dilipat ke atas dengan sistem lift up memberikan kapasitas kargo 672 liter (VDA), yang mampu menampung hingga 4 tas golf berukuran besar. Kenyamanan di dalam kabin Honda Freed pun dilengkapi dengan audio system yang dilengkapi dengan USB port dan Ipod Connector, yang merupakan pertama di kelasnya.

Fitur keselamatan tingkat tinggi yang menjadi ciri produk Honda, seperti G-CON+ACE, Dual SRS Airbags, pretensioner seat belt, dan pedestrian protection body, juga dihadirkan pada Honda Freed. Dengan semua fitur tersebut, Honda Freed meraih peringkat tertinggi 6 bintang dari Japan New Car Assessment Program (JNCAP).

Honda Freed didukung oleh mesin i-VTEC 1.5 liter yang menghasilkan keseimbangan ideal antara efisiensi bahan bakar dan tenaga yang besar. Mesin i-VTEC yang digunakan Honda Freed mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 PS dengan torsi maksimal 146 Nm / 4800 rpm. Transmisi otomatis 5 percepatan (5 AT) untuk pertama kalinya digunakan pada sebuah mobil MPV untuk mencapai performa berkendara yang optimal.

Selain bertenaga dan efisien dalam konsumsi bahan bakar, Honda Freed juga mencapai tingkat emisi gas buang yang telah memenuhi standar Euro-4, yang merupakan terbaik di kelas mobil MPV di Indonesia. Selain itu,  Honda Freed juga ramah lingkungan karena diproduksi dengan menggunakan komponen yang dapat didaur ulang dan mengurangi elemen berbahaya yang dapat berdampak buruk bagi lingkungan.

Jonfis Fandy Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor menyatakan keyakinan bahwa Freed akan diterima baik oleh konsumen di Indonesia, karena tidak sekadar menawarkan kapasitas 7 penumpang, tetapi lebih dari itu, mobil ini juga sangat stylish, berteknologi tinggi, efisien, memiliki standar keamanan terbaik di kelasnya, serta ramah lingkungan.

“Kami yakin kehadiran Honda Freed, dengan desain dan fitur yang mendobrak konvensionalisme di segmen MPV, dapat menjadi pilihan serta memulai trend baru di pasar otomotif nasional,” ujar Jonfis optimistis.

Produksi Honda Freed akan dilakukan di fasilitas pabrik PT HPM yang terletak di kawasan industri Karawang, Jawa Barat. Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar di dalam negeri, pabrik seluas 52 hektar tersebut juga akan menjadi basis produksi Honda Freed untuk kawasan Asia Tenggara yang memproduksi unit untuk diekspor ke beberapa negara di Asia.

Siapa mau beli?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s