Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Cegah Wasir Saat Hamil July 9, 2009

Filed under: Pregnancy — heycometomyworld @ 7:56 am

Salah satu gangguan kesehatan yang suka muncul saat kehamilan adalah wasir atau ambeien. Ini merupakan pembengkakan dan inflamasi (peradangan) vena di anus dan rektum, yang biasanya terasa nyeri.

Wasir muncul  akibat sering mengedan saat buang air besar (BAB) atau peningkatan tekanan vena akibat bendungan rahim yang membesar atau penyebab-penyenan lainnya. Pada kehamilan munculnya tersering pada trimester ketiga atau kehamilan lanjut.

Gejala wasir biasanya berupa perdarahan saat BAB, bisa sedikit bisa banyak, gatal atau rasa iritasi di sekitar anus, nyeri, pembengkakan sekitar anus, serta adanya benjolan di sekitar anus.

Pada kondisi wasir, pembuluh vena di sekitar anus membesar akibat meregang akibat peningkatan tekanannya, sehingga berbentuk benjolan atau membengkak. Hal-hal yang dapat menyebabkan meningkatnya tekanan vena antara lain: BAB yang keras (mengedan), nongkrong di toilet terlalu lama, diare kronis, konstipasi, obesitas, kehamilan dan  seks anal.

Faktor keturunan juga memegang peranan dan semakin berumur maka kecendrungan makin tinggi karena semakin lemahnya kekuatan jaringan tubuh.

Pada kehamilan, di samping akibat adanya bendungan vena oleh pembesaran rahim, faktor konstipasi juga sering menyebabkan dan memperberat wasir.

Berita baiknya wasir akan hilang/membaik setelah bayi lahir. Jika ibu hamil mengalami wasir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, antara lain:
1. Gunakan baking soda (basah atau kering) guna mengurangi rasa gatal
2. Berendam dengan air hangat yang telah diberikan baking soda
3. Hindari duduk terlalu lama
4. Gunakan pad khusus (medicated pad)

Untuk mencegah wasir, yang bisa dilakukan adalah menghindari penyebabnya, misalnya dengan mencegah konstipasi/sembelit. Karena saat sembelit, orang cenderung mengedan saat BAB.

Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah konstipasi antara lain makan tinggi serat, banyak minum air, minum jus buah prem, jangan menahan BAB, serta makan banyak sayuran dan buah. Senam Kegel juga membantu karena dapat melancarkan aliran darah di sekitar anus.

Semoga berguna ya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s