Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Nih Cara Redakan PMS, Coba Deh July 7, 2009

Filed under: Health — heycometomyworld @ 11:46 am

Anda sering mengalami perubahan suasana hati menjelang menstruasi? Yup, Premenstrual Syndrome (PMS) ternyata menimpa sejumlah perempuan selama masa reproduksinya.

Gejala yang muncul bervariasi pada setiap individu, mulai yang ringan seperti penimbunan cairan di badan hingga perubahan suasana hati yang berat dan atau depresi. Kita akan mengupasnya dan mencoba cari tahu cara untuk meringankannya:

1. Bentuk terberat dari PMS biasa disebut Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD). Sebuah obat yang disetujui untuk PMDD adalah Serafem. Serafem merupakan nama baru dan secara kimia setara dengan versi Prozac. Perempuan yang ingin mengurangi gejala PMS, namun tidak mau mengonsumsi Serafem, dapat mencoba metode lain yang akan disebutkan di bawah.

2. Penelitian membuktikan bahwa Anda akan mengurangi sepatuh dari gejala PMS (seperti perubahan suasana hati, depresi dan kram) dengan mengonsumsi 1.200 mg kalsium per hari.

3. Salah satu cara terbaik mengurangi PMS adalah melalui olahraga atau aktivitas fisik teratur. Olahraga teratur juga cara terbaik mengurangi stres dan menurunkan risiko serangan jantung dan kanker.

4. Perempuan yang mengalami perlunakan payudara sebelum haid dapat mengurangi gejala ini dengan mengonsumsi vitamin E sekira 600 IU setiap hari. Vitamin E tampaknya juga memiliki khasiat pada sistem kardiovaskular, mengurangi risiko sejumlah kanker dan menawarkan manfaat kesehatan yang lain.

5. Perubahan pola makan dapat membantu mengurangi gejala-gejala PMS termasuk mengikuti diet rendah lemak yang dianut vegetarian, dan atau mengurangi konsumsi gula, garam, daging merah, alkohol dan kafein. Tingkatkan asupan karbohidrat kompleks, sayuran hijau, buah-buahan, sereal dan kacang-kacangan, dapat membantu meredakan PMS pada sejumlah perempuan.

6. Perempuan yang dalam kesehariannya sering mengonsumsi gula dan kerap mengalami gejala PMS merasa terbantu dengan konsumsi magnesium sekira 300-500 mg. Kabar baiknya, magnesium juga membantu masalah perlunakan payudara pra-haid.

7.  Sejumlah perempuan dilaporkan mengalami penurunan gejala PMS dengan mengasup 50-300 mg vitamin B6 secara teratur setiap hari. Namun sebaiknya konsumsi vitamin B6 tidak berlebihan karena punya efek samping seperti mati rasa.

8. Terapi alternatif bisa Anda lakukan antara lain dengan menggunakan krim progesteron alami atau menggunakan 1.500 minyak Primrose setiap hari.

9. Beberapa perempuan lebih suka mengendalikan gejala PMS dengan menggunakan kontrasepsi oral, namun mesti dipertimbangkan pro-kontra penggunaan alat KB oral ini, terutama Anda yang ‘rentan’ terhadap suntikan hormon.

10. Obat yang dijual bebas dapat membantu meredakan gejala PMS, misalnya ibuprofen, naproxen, dan obat lain yang dibuat khusus untuk meredakan gejala PMS. Aspirin mungkin bukan pilihan bijak bagi perempuan selama menstruasi sebab obat ini berpotensi meningkatkan pendarahan menstruasi yang banyak dan lama.

Semoga informasi ini berguna ya!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s