Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Seleb Dunia Rela Mengantri Demi Mendapatkan Sentuhan Ajaib Sang Maestro August 20, 2008

Filed under: Beauty — heycometomyworld @ 6:09 am

Tidak mudah menjadi sosok yang tetap rendah hati saat orang lain mengantri hampir enam bulan untuk dapat menikmati ‘sentuhan ajaib’ yang akan mengubah penampilan melalui perubahan gaya rambut. Namun Andrew Barton (40) mampu melakukannya. Pria yang lahir dan dibesarkan di Yorkshire, wilayah utara Inggris ini tetap bersahaja meski orang rela mengantri berbulan-bulan dan membayar dengan harga yang tidak murah untuk merasakan kepiawaian tangannya, sebagai maestro penataan rambut.

Siapakah Andrew Barton? Pria sederhana yang telah berkeliling dunia, bahkan dalam setahun pernah mengunjungi 20 negara, kini dikenal luas sebagai ‘penata rambut semua orang’. Andrew telah menggunting dan menata rambut hampir semua orang, mulai orang kebanyakan hingga selebritas terkenal dunia. Prestasi terbaik yang dicapainya adalah menyabet penghargaan sebagai ‘British Hairdresser of the Year 2006/2007’ dan diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Tidak diragukan lagi, pria yang menyukai banyak hal, salah satunya travelling ini memiliki keahlian yang unik dan pengalaman luas dalam menangani berbagai jenis rambut klien. Selebritas yang pernah mendapat sentuhan tangan dinginnya antara lain Robbie Williams, The Olsen Twins, Kylie Minogue,  Elle McPherson, Kate Moss, Jennifer Aniston, Madonna, Penny Lancaster, Jennifer Ellison, Innes, Sertab Erener, Kate Winslet serta Cate Blanchett. Dia juga menangani rambut para model yang tampil di pergelaran busana Versace dan Prada serta London Fashion Week.

Andrew piawai menciptakan tatanan rambut yang menakjubkan hingga suatu hari Penny Lancaster menyaksikan foto karya sang penata rambut dan mengundang Andrew di suite hotel Waldorf untuk menata rambut istri penyanyi rock Rod Stewart. Menanggapi ini, Andrew mengatakan,”Untuk sebagian dari kami di Saks Art Team menciptakan tampilan untuk selebritas, pergelaran mode dan TV sebagai bagian pekerjaan. Pertama kali saya bekerja dengan Penny adalah saat kampanye sebuah jaringan toko optik papan atas. Dia sangat mudah bekerjasama. Selain fotografer, dia juga seorang ibu, istri dan model. Kami berbagi cerita mengenai minatnya pada dunia fotografi. Kampanye itu mengharuskan Penny tampil dalam beberapa gaya rambut sesuai pesan yang hendak disampaikan, mulai dari model sexy vamptress hingga rock chick. 

Di antara klien yang pernah ditanganinya, Andrew mengaku ‘ngefans berat’ dengan Cate Blanchett. ”Saya ini penggemar berat  Cate Blanchett,  baik karena bakatnya atau penampilannya yang menawan,” ujarnya sungguh-sungguh.

Saat pertama kali bertemu sang aktris pujaan, Andrew mengaku gugup dan kehilangan kata-kata. Andrew merasa beruntung bisa bertemu dengan Cate di sebuah pesta di London yang diselenggarakan seorang teman. ”Saya takut mengatakan bahwa itulah momen paling memalukan sepanjang hidup, saya terpesona dan tidak bisa berkata-kata saat bertatap muka dengan Cate. Tak bisa dielakkan, kami akhirnya membahas mengenai rambutnya dan beberapa hari kemudian saya menata rambut bintang pujaan saya ini,” ujarnya.

Hal yang opaling disukai dari seorang Cate Blanchett, menurut Andrew karena aktris ini memiliki gaya yang santai namun santun. Dia menawan dan selalu bersikap anggun di segala kesempatan. Secara pribadi Andrew merasa bahwa Cate adalah salah satu aktris terbaik saat ini. “Saya kira hal terbaik yang dimiliki Cate adalah kecantikannya yang modern. Apakah itu? rambutnya, riasan atau mode, semuanya terasa berkelas. Inilah hal yang ingin saya jadikan ciri khas saya yaitu kecantikan yang klasik sekaligus kontemporer dalam satu jalinan yang utuh,” tandasnya.

Berpengalaman lebih dari 25 tahun bekerjasama dengan berbagai merek perawatan rambut terkemuka, Andrew saat ini menjabat sebagai International Creative Director di Saks, sebuah grup salon rambut dan kecantikan terkemuka di Inggris yang mengelola lebih dari 140 salon, di mana dia mengembangkan identitas produk, memimpin tim artistik sekaligus filosofi mode.   Pengetahuan, pengalaman dan kreativitas Andrew telah digunakan di seluruh dunia di mana dia memimpin proyek perintis, mulai bran mewah hingga menengah. Saat menjadi Creative Director di Toni & Guy yang berbasis di London, Andrew menjadi sosok kunci  sebuah  merek mengukir kisah suksesnya. 

Andrew kerap berkeliling dunia, berbagi kemampuan dan pengetahuannya dalam menata rambut di berbagai seminar internasional. Selama tahun 2007 dia berkeliling di 20 negara, mulai Amerika Serikat, Paris, Bangkok hingga Brazil. Pendapatnya sangat dipercaya dan disegani sehingga tak mengherankan laki-laki ini menjadi juru bicara untuk edukasi, pengetahuan sekaligus mengenai mode rambut itu sendiri.

”Saya menikmati setiap pekerjaan yang saya lakukan. Saya amat menyukai variasi dan menikmati tantangan yang berbeda setiap harinya, namun di sela kegiatan yang padat, sesungguhnya  hal paling saya rindukan adalahi saat berada di salon, melakukan pekerjaan yang saya cintai, yaitu menata rambut klien. Saat di salon adalah hal paling menyenangkan… di atas segalanya,” ujarnya. (Disarikan dari portofolio Andrew Barton dan berbagai  hasil wawancara)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s