Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Mengenal lebih Dekat Andrew Barton “People’s Hairdresser” yang Bersahaja dan Murah Hati August 14, 2008

Filed under: Beauty — heycometomyworld @ 11:25 am

Andrew Barton adalah International Creative Director of Saks, sebuah salon bergengsi di Inggris yang memiliki sekitar 140 cabang di Britania Raya. Laki-laki 40 tahun yang lahir dan dibesarkan di Yorkshire, wilayah utara Inggris, mendapat julukan ”People’s Hairdresser”  atau ”penata rambut semua orang”  bertanggung jawab dalam menciptakan image brand , koleksi untuk setiap musim dan teknik guntingan yang menjadi ciri khas Saks. Pendekatannya yang ‘membumi’, bersahaja dan hangat telah memastikan kepercayaan para klien, mulai masyarakat biasa hingga selebritas.

Dinominasikan selama lima kali berturut-turut sejak tahun 2003, pada tahun 2007 akhirnya Andrew Barton berhak menyabet penghargaan ”British Hairdresser of The Year 2006/2007”, sebuah ajang bergengsi dan prestisius di dunia tata rambut.

Penata rambut yang bersahaja ini juga menjadi pakar rambut yang paling dikenal dan program shownya ’10 Years Younger’ ditayangkan oleh Channel 4. Dia juga sering tampil di saluran TV lain seperti GMTV dan LK Today dan secara teratur terlibat kerjasama dengan pemotretan sejumlah majalah.

Kepada UKHairdressers.com, Andrew mengaku perasaannya campur aduk saat dirinya dinobatkan sebagai British Hairdresser of the Year. Dia berteriak saat namanya disebut. ”Seperti bom yang dijatuhkan dan meledak,” ujar Andrew mengenang momen itu. “Saya sekarang dapat membayangkan bagaimana saat seorang aktor diganjar Oscar. Itu pencapaian tertinggi dan sebagian orang berusaha mencapainya selama bertahun-tahun.“ 

Beberapa minggu berlalu usai dia menerima penghargaan, Andrew mengaku kegembiraannya tidak surut. ”Saya berjalan dengan mulut tersenyum lebar. Namun di balik senyum, kebanggaan dan kesenangan, saya memahami ada tanggung jawab besar yang datang bersama penghargaan itu. Dan saya amat bersukacita untuk memikul tanggung jawab sebagai duta di industri tata rambut. Di Saks kami sibuk memikirkan ide dan rencana untuk memastikan saya mewakili industri dengan baik dan membuat sebuah perubahan,” jelasnya.

Tidak hanya membahas mengenai kiprahnya dalam industri tata rambut, Andrew juga bicara mengenai apa yang dilakukannya dengan penghargaan yang menjadi tanggung jawabnya. “Termasuk bagian tanggung jawab itu adalah melakukan kampanye kepedulian AIDS yang menimpa anak-anak muda. Hampir separuh dari infeksi baru penyakit yang mematikan ini menimpa mereka yang berusia di bawah 25 tahun. Industri tata rambut penuh dengan anak muda jadi saya akan gunakan kemenangan ini untuk meningkatkan kepedulian yang akan menjadi sesuatu yang membuat saya bangga,” ujar Andrew panjang lebar.

Sejatinya Andrew Barton tidak pernah bermimpi menjadi penata rambut seterkenal sekarang. Namun Andrew kecil memang suka ke salon untuk melihat ibunya menata rambut. ”Dia memiliki rambut yang indah, kuku yang rapi serta tubuh wangi saat masih muda dan masih terlihat oke sekarang,” ujar Andrew perihal ibunya. Dengan pemikiran itu, Andrew yakin pondasi untuk menjadi penata rambut berawal di sini. Dia mengaku tergila-gila dengan mode dan desain dan memutuskan untuk meninggalkan sekolah umum untuk mulai belajar di Art School sebagai desainer kain. Menurutnya, Art School tidak menawarkan glamoritas dan hiruk-pikuk dari sebuah salon sehingga membentuk dirinya seperti sekarang, untuk itu dia berterima kasih.

Untuk penata rambut pemula, Andrew berbagi kiat berharga yaitu belajar dari pengalaman dan saat klien mengatakan hasilnya kurang bagus, ulangi lagi dan lagi hingga mendapat hasil yang cukup bagus. ”Saya berasal dari keluarga kelas pekerja di wilayah utara Inggris dan sangat berterima kasih orangtua mengajarkan hal ini. Kata ’oke’ tidak ada dalam kamus saya dan saya telah dikelilingi oleh berbagai mentor sepanjang karir menjadi penata rambut  yang telah menanamkan hal ini. Jika klien mengatakan ’oke’ itu berarti tidak,” tegasnya.

Pertunjukan ’Ten Years Younger’ di Channel 4 amat popular. Dapatkah Anda gambarkan bagian khusus makeover yang paling memberikan kepuasan? ”Pertunjukan itu luar biasa sukses dan pertama kali sebauh genre baru tayangan gaya makeover. Saya bangga menjadi bagian sejak seri pertama dan telah bertemu sejumlah perempuan hebat selama proses pertunjukan,” ujar Andrew. Hal terbaik dari tayangan ini adalah ternyata industri menghormati pertunjukan itu dan memujinya. “Sejumlah peñata rambut  menulis kepada saya, menyatakan tayangan di TV itu telah mendongkrak bisnisnya. Bagi saya itu fantastis,” kisah Andrew. “Saya kira tayangan itu dapat mengomunikasikan perbedaan yang terjadi dengan pewarnaan dan pengguntingan rambut yang baik, serta menggerakkan orang berkunjung ke salon.”

Andrew juga terlibat dalam membantu penghimpunan dana untuk Hair & Beauty Benelovent (HABB),  sebuah badan amal yang didedikasikan untuk membantu peñata rambut dan kecantikan profesional dan keluarganya saat menghadapi masa-masa sulit. Soal kerja amal ini, Andrew mengatakan,”Saat menikmati kegembiraan sebagai British Hairdresser of the Year, saya merasa mungkin suara saya dibutuhkan. Saya percaya HABB salah satu contoh yang mesti diadopsi setiap peñata rambut.”

Dia melanjutkan,”Kita semua memiliki masalah pribadi  dalam hidup di luar karir yang sebagian besar akan berdampak pada pekerjaan. Tidak seorang pun dari kita tahu kapan butuh bantuan dan faktanya ada sebuah badan amal (dan saya yakin tidak semua peñata rambut dan terapis mengetahui soal ini) yang bisa membantu adalah sebuah ide cemerlang.”

Dikutip dari wawancara dengan www.hji.co.uk, seandainya tidak menjadi penata rambut, Andrew membayangkan dirinya berkiprah di bidang yang berhubungan dengan desain. ”Saya tak bisa membayangkan andai tidak jadi penata rambut, tapi mungkin akan berkiprah di bidang yang berhubungan dengan desain,” ujar laki-laki yang berharap klien menggambarkan dirinya sebagai sosok yang ‘bersahaja, mudah ditemui dan jujur’ meski untuk poin ke dua, untuk dapat menemuinya membutuhkan daftar tunggu hingga enam bulan.

Andrew sangat mengidolakan Cate Blanchett dalam tampilannya yang glamor dan modern. Di bidang tata rambut Andrew merasa beruntung bekerja dengan tim yang mengagumkan di Saks. Tracey Gallagher, Shows Director Saks adalah sumber inspirasinya.

Penata rambut mana (yang sudah dan sedang) yang paling Anda sukai untuk diajak kerjasama? ”Saya punya seorang mitra luar biasa di Perancis. Saya sedih dan merasa kehilangan saat mendengar kematian Alexandre de Paris,” ujarnya dengan nada sendu.

Jika Andrew amat piawai dan terbiasa menggunting ribuan rambut dari kepala, siapa yang menggunting rambutnya? ”Siapa saja dari Saks Art Team atau dari salon Saks tempat saya bekerja. Saya juga bisa lho memotong rambut sendiri,” tuturnya.

Saat-saat menyenangkan dalam pekerjaan? ”Orang-orang dan wajah para perempuan yang tersenyum saat saya menyelesaikan pekerjaan menata rambutnya…sangat membuat ketagihan!” cetusnya antusias.

Andrew mengaku memiliki produk favorit yang selalu ada bersamanya sepanjang karir dia menjadi penata rambut. ”Saya bukan pakar untuk pengecatan rambut namun meyakini cat rambut dapat mengubah rambut secara total,” ujarnya singkat.

Meski dikenal lembut hati, namun ada satu hal yang dapat membuat seorang Andrew Barton marah, terkait dengan industri tata rambut. Apakah itu? ”Kualitas yang rendah dan penata rambut menerima bayaran yang murah karena kualitas yang minim tadi,” tegasnya.

Meski dikenal sebagai penata rambut yang banyak diidolakan mulai kalangan biasa hingga seleb, di awal karirnya Andrew juga melakukan ’hal-hal bodoh’ saat menjadi penata rambut pemula.

Apa saran karir terbaik yang pernah Anda berikan? ”Mendengarkan. Bos pertama saya sangat ketat terhadap kualitas dan nasihatnya ada di kepala saya sejak pertama kali bertemu dengannya,” ujarnya seraya mengaku baru-baru ini dia ’mati kutu’ dan kehabisan kata-kata saat bertemu Madonna di sebuah pesta.

Hal yang membanggakan dia sebagai bagian dari industri tata rambut adalah saat bersama Saks Art Team menghadirkan sebuah pertunjukan yang diikuti 2.000 penata rambut di China

Potongan rambut yang bagaimana yang Anda harapkan kembali ’in’ dan bagaimana Anda akan menciptakan kembali hal itu? Andrew mengaku sangat kesal dengan kenyataan bahwa para penata rambut dewasa ini tidak percaya diri untuk menggunakan keriting permanen (perm). ”Saya tidak bilang bahwa keriting permanen kembali ’in’ atau metode itu tepat untuk semua rambut, namun untuk sejumlah hal perm merupakan alat bantu hebat dan sebagai jawaban atas masalah rambut klien. Saya dengar sejumlah sekolah tidak mengajarkan teknik ini dan saya rasa itu memalukan,” tegasnya.

Jika harus memilih antara rapi dan berkilau atau berantakan seperti habis bangun tidur, mana pilihan Anda? ”Rapi, menawan, terawat dan berkilau,” ujarnya pasti.

 

Leave a Reply

