Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Sadari Pentingnya Bermain Bersama Anak Sejak Usia Dini August 11, 2008

Filed under: Parenting — heycometomyworld @ 3:51 pm

Menyadari bahwa menjadi ibu merupakan pekerjaan yang paling penuh tantangan dan paling mulia, Kimberly-Clark Indonesia, produsen popok bayi Huggies, baru-baru ini mensosialisasikan hasil survey yang bertajuk ‘Motherhood Today’ yang membahas secara mendalam mengenai harapan dan kekhawatiran, kelebihan dan kekurangan, serta pengetahuan dan ambisi para ibu masa kini di dunia, khususnya di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia saat ini, yang juga berpengaruh terhadap metode dan perilaku ibu dalam mengasuh anak.

 

“Huggies mendukung ibu dan menghargai setiap metode dan perilaku mendidik anak, yang kini dapat lebih diketahui melalui survei global kami. Kami percaya bahwa opini dan nasihat dari para anggota Huggies Expert Panel akan memberikan informasi dan masukan yang berharga mengenai cara-cara untuk bermain dengan anak mereka, sekaligus menikmati indahnya menjadi ibu,” ujar Mediko Azwar, Direktur Marketing dari Kimberly-Clark Indonesia.

 

Di tahun 2007, Huggies berinisiatif melakukan riset global yang dirancang dan diselenggarakan oleh TNS terhadap lebih dari dua ribu orang ibu di Asia Tenggara. Hasil survey tersebut menunjukkan model-model Ibu dalam mendidik dan membesarkan anak yang unik.

 

Beberapa poin penting dalam ‘Motherhood Today’ mencakup pentingnya memiliki masa kanak-kanak yang penuh nilai dan pengalaman, pertumbuhan holistik yang menyeluruh dan kemampuan ibu untuk menjadi teman untuk anak. Studi ini juga mengangkat perbedaan karakteristik para ibu di seluruh Asia Tenggara, serta perilaku dalam membesarkan anak saat ini yang cenderung lebih fokus pada memberi kebebasan kepada anak untuk memiliki banyak pengalaman baru  dan memilih apa yang terbaik untuk mereka.

 

Berdasarkan ‘Motherhood Today’ inilah yang mendorong Huggies untuk mensosialisasikan ‘Play for Future’ yang menunjukkan komitmen Huggies terhadap pentingnya kegiatan bermain untuk anak-anak, serta pentingnya oeran ibu dalam kegiatan tersebut.

 

Patricia Koh, salah satu anggota Huggies Expert Panel berpendapat, “Masa kanak-kanak merupakan waktu untuk bermain! Kita perlu memberikan waktu untuk kepada anak  untuk menikmati masa pertumbuhannya. Bahkan pada saat anak sedang berkembang dari segi fisik, emosional, sosial, dan linguistik, kita harus memberikan waktu untuk merasakan masa kanak-kanak karena masa kanak-kanak tidak dapat terulang di masa depan.

 

“Motherhood Today” membahas mengenai perubahan perilaku para orang tua dalam membesarkan anak dari masa ke masa, dengan penekanan terhadap kebersamaan keluarga yang menjadi kunci utama. Hasil riset ini juga menggaris bawahi model membesarkan anak, dengan memberikan penjelasan rinci mengenai tipe dan karakteristik ibu, serta perbandingan bagaimana tipe Ibu Huggies di Asia Tenggara. Hasil riset ini ditutup dengan gambaran pendapat ibu mengenai cara membesarkan anak, serta lima strategi ideal untuk bermain dengan anak bagi para ibu.

 

Melalui ‘Motherhood Today’, Huggies berharap dapat memberikan gambaran mengenai metode pengasuhan yang ideal dan  meyakinkan para ibu bahwa mereka perlu melakukan hal yang benar. Sebagai tambahan, Huggies juga telah membentuk Expert Panel yang beranggotakan para ahli perkembangan anak dan play therapist dari seluruh Asia Tenggara, yang akan memberikan saran para ibu hamil dan para ibu muda mengenai cara-cara untuk membimbing anak mereka secara menyeluruh dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi masa depan. Saran dan petunjuk dari para ahli dapat ditemukan di website Huggies (www.Huggies.co.id) 

 

Anggota Huggies Expert panel dari Indonesia, Dra. Mayke S. Tedjasaputra M.Si, seorang psikolog yang juga play therapist dari Universitas Indonesia mengatakan, “Ada sejumlah Ibu yang meminta masukan dari saya bagaimana caranya agar mereka bisa menjadi Ibu yang baik. Bagaimana caranya agar mereka bisa menjadi teman bermain bagi putra-putrinya dan sungguh-sungguh bisa mengenali apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh anak-anak mereka.”

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s