Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Perpaduan Kecantikan dan Kemewahan, Ciri Khas Andrew Barton August 11, 2008

Filed under: Beauty — heycometomyworld @ 6:00 am

Meski dikenal luas dan menjadi tokoh panutan dalam arah tren gaya rambut, Andrew  Barton (40) tetap menempatkan dirinya sebagai sosok yang bersahaja. Jadi julukan ’penata rambut semua orang’ amat tepat disematkan padanya. Peraih gelar prestisius ”British Hairdresser of The Year 2006/2007” ini mengaku memiliki hasrat dan kecintaan besar dalam menciptakan gaya rambut.

 

Kinerja Andrew sejak lama dikagumi oleh para kolega dan juga klien, termasuk rumah mode papan atas seperti Versace, Prada dan Calvin Klein yang teratur meminta bantuannya untuk mendandani para model yang akan berjalan di panggung peragaan busana. 

 

Sebagai International Creative Director untuk Saks Hair & Beauty Group, yang memiliki lebih dari 140 salon di Inggris, Andrew mengemban tugas membangun dan mengembangkan teknik tata rambut yang menjadi ciri khas Saks, dimana ide segar dan koleksi musimannya selalu diterima konsumen dengan penuh antusias. Terkait dengan pekerjaannya untuk berbagi ilmu dan keahlian untuk para peñata rambut, mengharuskan Andrew kerap bepergian keliling dunia. Pada tahun 2007 laki-laki kelahiran Yorkshire, wilayah utara Inggris, mengunjungi 20 negara hanya dalam setahun! 

 

Pendekatannya yang penuh percaya diri, bersahaja serta hangat memastikan Andrew mendapat kepercayaan dari para klien, termasuk TV dan selebritas media. Dipublikasikan di 40 negara, koleksi ‘hair looks’ untuk 2007 oleh Saks Art Team yang disebut ‘High Definition’ terinspirasi oleh tren peragaan busana internasional serta keinginan dan kebutuhan setiap perempuan. Mulai fringed crop hingga swishing bob,  lazy layers hingga retro rock gothe, gaya yang diciptakan Saks membuat perubahan besar pada tren rambut sepanjang 2007. 

 

“Saya tidak suka membuat gaya rambut yang aneh-aneh, melainkan lebih terinspirasi oleh kecantikan alami ketimbang menciptakan tekstur yang ekstrim,” ujar Andrew seraya menambahkan, “Sekarang ini saya suka menciptakan kreasi yang mewah, gaya rambut yang diinginkan dan cocok dengan klien. Saya kira saya menjadi saksi hidup bahwa setiap orang berubah dan melakukan adaptasi gaya saat Anda lebih dewasa.” 

 

Ditanya mengenai gaya rambut favoritnya sepanjang masa, kepada UKHairdressers.com, Andrew mengatakan seiring pertambahan usia, kreativitas dan ’taste’ juga ikut berubah. Apa yang pernah menarik minatnya di masa lalu, kini tidak lagi. ”Saya bukanlah stylist yang menyukai sesuatu yang trendy atau yang cepat berubah. Inspirasi saya adalah kecantikan dan kemewahan dan saya kira pekerjaan yang saya lakukan sekarang lebih mendekati karakter saya sebagai seorang penata rambut dibanding sebelumnya,” tandasnya. 

 

Apa yang Anda lakukan saat menciptakan koleksi yang berciri khas, apakah sulit menemukan ide baru setiap tahunnya? Menurut Andrew, kampanye tahunan Saks merupakan bagian besar dari strategi bisnis. ”Ini menjadi semacam stok mode yang kami jual kepada para klien dan menjadi bagian komitmen kami kepada para staf untuk mengekspansi karir mereka sebagai penata rambut secara berkesinambungan,” tegasnya. Koleksi itu, lanjutnya, kerap kali menggerakkan orang-orang untuk membuka salon (franchise) dengan Saks.  

 

Lebih jauh Andrew menjelaskan, koleksi itu lebih dari sekadar serangkaian image namun juga serangkaian teknik langkah-langkah untuk pengguntingan dan teknik pewarnaan rambut terbaru. Ada beberapa koleksi yang diciptakan untuk kesenangan dan ego, namun ada juga koleksi yang dibuat untuk alasan komersial. ”Dengan semua hal ini di kepala untuk jangka waktu lama, upaya dan energi dikerahkan oleh sejumlah orang kunci di tim kami guna memastikan koleksi itu sukses dan mendunia,” ujarnya. Andrew mengaku tidak menemukan kesulitan untuk memikirkan ide-ide baru karena prosesnya tidak hanya melibatkan upaya satu orang, melainkan tim. 

 

Penggemar Andrew kian bertambah sejak dia menjadi ‘pakar rambut rumah tangga’ dalam sebuah tayangan populer ‘Ten Years Younger’ yang disiarkan Channel 4. Lima juta pemirsa menyaksikan ‘make-over’ di TV setiap episodenya sebab laki-laki 40 tahun ini memiliki bakat khusus untuk memvisualkan bagaimana penampilan seseorang dengan perubahan gaya rambut yang tepat.  

 

Meskipun harus menghabiskan banyak waktu untuk bepergian ke luar negeri, mengajar di Saks Academy, terlibat dalam pemotretan atau syuting untuk program TV, dia masih bekerja di salon Saks St Pauls kapan pun bisa dan menikmati energi yang muncul saat menata rambut klien. 

 

Laki-laki kelahiran Yorkshire ini sangat yakin bahwa gaya rambut dapat mengubah kehidupan seorang perempuan. Pria ini mengaku amat menikmati momen saat kliennya tersenyum lebar pertanda puas usai rambutnya digunting dan ditata sang maestro.

 

”Rasanya sangat luar biasa ketika klien menunjukkan senyum lebarnya saat menatap wajahnya di cermin dan menyaksikan perubahan pada rambutnya. Senyum ini sangat membuat saya ketagihan dan memang itulah esensi pekerjaan saya, berusaha membuat orang tersenyum,” ujar Andrew.

 

Andrew mengaku hal menyenangkan dalam tahapan pencapaiannya adalah ketika orang-orang datang untuk meminta nasihat dari seorang ‘Make-over Guru’ dan memintanya mengerjakan apa yang sekiranya cocok untuk mereka, mengacu pada gaya rambut. Dikenal sebagai ‘Make-over Guru’, Andrew senantiasa mendengarkan kebutuhan klien, menggunting rambut mereka dengan hasil yang luar biasa sehingga klien bisa  mengatur rambutnya sendiri kapan saja tanpa perlu bantuan penata rambut lagi untuk dapat tampil menawan.

 

 ”Kebanyakan klien mengatakan ‘terserah, lakukan apa yang kamu inginkan’ namun saya belajar bahwa maksud sebenarnya bukan seperti yang mereka ucapkan,” jelasnya seraya menambahkan,”Klien biasanya punya ide mengenai gaya rambut yang diinginkan dan penting artinya saya harus bisa mewujudkan keinginan itu, disesuaikan dengan gaya hidup mereka.”

 

Untuk mencapai hasil yang ’sempurna’ Andrew tidak segan-segan melakukan tanya jawab untuk mencari tahu apa sebetulnya yang diharapkan klien  mengenai gaya rambutnya. Sesi konsultasi singkat selalu dilakukannya sebelum mulai menggunting dan menata rambut klien.

 

Meski sudah ’makan asam garam’ dan amat disegani di dunia penata rambut, Andrew tidak pelit berbagi ilmu dengan para yuniornya. ’Ada banyak informasi dan edukasi  mengenai konsultasi di luar sana, namun kunci utama yang saya tekankan bagi para penata rambut pemula adalah untuk meningkatkan teknik mereka sekaligus belajar mendengarkan kemauan klien, bukan sibuk berbicara sendiri,” tegasnya. Dia menambahkan bahwa penata rambut yang baik harus terbuka untuk menerima pendapat para klien. ”Jika ingin menjadi yang terbaik, Anda harus mempelajari hal itu,” tandasnya.

Ketajamannya dalam meramalkan tren rambut yang akan datang menjadikan Andrew sosok favorit di kalangan editor kecantikan dan gaya khasnya selalu menjadi ‘buruan’ juru foto untuk menampilkan karyanya di sampul majalah.

 

Selain menjadi penata rambut, pembicara seminar dan juru bicara berbagai edukasi mengenai rambut, Andrew juga terlibat dalam sebuah program televisi bertajuk ”Ten Years Younger’ atau membuat seseorang tampak 10 tahun lebih muda dengan mengubah gaya rambutnya.

 

Berkat program acara yang disaksikan lebih dari 5 juta pasang mata tersebut, di kalangan luas Andrew dikenal sebagai ‘Make-over Guru dari TV’ dan begitu dicintai warga Inggris. Soal ini, Andrew punya komentar,”Hal yang istimewa dari acara ‘ Ten Years Younger’ adalah saat ikut terlibat dengan kehidupan klien dan itu berarti jauh melebihi sekadar make-over. Mengubah penampilan untuk membuat mereka bisa berkata pada diri sendiri ’saya bisa melakukannya’ adalah hal yang membahagiakan seorang penata rambut.”

 

Dia menambahkan, sebagian klien terkadang mengalami ’erosi percaya diri’ dan Andrew senang bisa membantu mereka mewujudkan penampilan yang didambakan sehingga membuat sebuah perubahan berarti.

Laki-laki rendahhati dan bersahaja ini memiliki hasrat besar mengubah rambut perempuan ‘biasa’ sehingga menjadikan mereka lebih cantik, feminin, dengan gaya yang sesuai, bukan hanya sebatas tampilan konsep, sehingga memunculkan rasa percaya diri klien.

 

Andrew juga terpilih sebagai ‘best stylist’ oleh Majalah Tatler dan penata rambut terbaik dari majalah Cosmopolitan.  Menanggapi pujian yang dialamatkan padanya, Andrew menyambutnya dengan sikap. ”Saya baca sebuah majalah yang menyebut saya sebagai ‘the People’s Hairdresser’ dan program acara ‘Ten Years Younger’ yang benar-benar telah menciptakan citra bahwa saya adalah seseorang yang bisa dipercaya. Namun saya tetaplah sama, anak laki-laki yang lahir dan dibesarkan di Yorkshire dan akan tetap seperti itu,” ujarnya rendah hati.

 

Proyek yang tengah dikerjakan Andrew sekarang adalah menulis sebuah ‘self-help book’ yang akan membantu konsumen menemukan solusi masalah rambut. Diramalkan buku tersebut akan menjadi ’pedoman hidup’ untuk perawatan rambut dan program TV terbaru yang mengulas soal ‘mahkota’ ini dijadwalkan tayang pada 2009.

Andrew juga tengah bekerjasama dengan Sunsilk, produk shampo dari Unilever,  untuk mengeksplorasi keahlian dan pengetahuannya yang digunakan untuk proyek inovasi hingga prediksi tren yang akan datang.

 

One Response to “Perpaduan Kecantikan dan Kemewahan, Ciri Khas Andrew Barton”

  1. asuna17 Says:

    Artikel anda di

    http://kecantikan.infogue.com/perpaduan_kecantikan_dan_kemewahan_ciri_khas_andrew_barton

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s