Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Mengoptimalkan ‘Tahun Emas’ Perkembangan Anak July 28, 2008

Filed under: Parenting — heycometomyworld @ 4:45 pm

Berdasarkan berbagai riset yang dilakukan oleh para ahli perkembangan otak anak-anak, orangtua dan pengasuh anak memiliki pengaruh paling besar dalam pengembangan potensi otak anak. Untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak, orangtua harus menyediakan lingkungan yang sehat dan memberikan stimulasi pada tahun-tahun awal perkembangan anak (khususnya pada Golden Years Period, 0 – 3 tahun), serta didukung oleh pemberian nutrisi yang baik.

 

Masa tersebut merupakan masa terjadinya pertumbuhan yang pesat di berbagai aspek perkembangan otak. Ketika baru lahir, berat otak bayi tumbuh 25% dari besar rata-rata berat otak yang sudah tumbuh sempurna dan perkembangannya berlangsung pesat  mencapai lebih dari 80% sampai usia 3 tahun dengan memproduksi jutaan sel dan milyaran jaringan yang saling berhubungan  satu sama lain. Oleh karena itu selama masa ‘tahun-tahun emas’ ini, sangatlah penting untuk memberikan nutrisi yang tepat dan cukup untuk memberikan fondasi terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan otak maupun fisik  yang optimal.

 

Menyadari pentingnya pemberian nutrisi dan stimulasi yang tepat pada tahun emas perkembangan anak ini, Frisian Flag Indonesia sebagai perusahaan nutrisi susu bertaraf internasional, memperkenalkan Kampanye Smart Parents Smart Kids. Kampanye Smart Parents Smart Kids merupakan refleksi komitmen Frisian Flag Indonesia untuk meningkatkan kondisi nutrisi dan kesehatan di Indonesia dengan cara berbagi pengetahuan kepada para orang tua tentang nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak guna meletakan fondasi kuat bagi perkembangan anak-anak mereka.    

 

Frisian Flag Indonesia melanjutkan Kampanye Smart Parents Smart Kids dengan kembali mengadakan Smart Parents Conference di Jakarta pada tanggal 25 – 27 Juli 2008, setelah suksesnya acara yang sama di Surabaya akhir Mei lalu.”Melalui program ini kami berharap dapat memberikan pengetahuan yang cukup bagi orang tua mengenai kesehatan dan nutrisi anak. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai nutrisi dan kesehatan anak, para orang tua  diharapkan akan mampu menjadi orang tua yang pintar agar memiliki anak yang pintar pula sehinga anak-anak tersebut dapat memaksimalkan potensi yang dimilikinya,” kata Cees Ruygrok, Presiden Direktur PT Frisian Flag Indonesia.

 

Acara yang akan berlangsung pada akhir minggu ini akan kembali mengangkat metode Glen Doman untuk membantu orang tua mengembangkan potensi anak mereka. Metode ini diperkenalkan oleh Dr. Glenn Doman dari Amerika Serikat, pendiri The Achievement of Human Potential yang mengkhususkan diri melakukan penelitian mengenai perkembangan otak balita.           

 

Dr. Glenn Doman telah melatih jutaan orangtua melalui bukunya tentang belajar sejak dini dan membantu ribuan anak yang mengalami brain injury untuk memaksimalkan potensi mereka. Frisian Flag Indonesia merupakan mitra ekslusif dari Institute of Glenn Doman di Amerika Serikat yang menyediakan informasi bagi orang tua di Indonesia mengenai Metode Glenn Doman sebagai sarana stimulasi yang unik untuk mengembangkan potensi anak-anak.    

 

 Dalam seminar ini, Metode Glen Doman akan dipresentasikan oleh Irene Mongkar dengan mengupas bagaimana Metode Glenn Doman dapat memberi kontribusi yang besar pada kecerdasan bayi serta mendemontrasikan pendekatan flash-card yang dikembangkan oleh Glenn Doman.   

 

Seminar ini juga akan menghadirkan beberapa nara sumber ahli di bidang nutrisi, kesehatan dan perkembangan anak seperti dr. Soedjatmiko SpA(K) yang akan mengangkat topik Nutrisi pada Balita serta Edith Sumedi, SKM, M.Sc dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI).

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s