Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Honda Hadirkan Asimo di Indonesia July 7, 2008

Filed under: Auto — heycometomyworld @ 6:05 am

PT. Honda Prospect Motor (HPM) kembali menggelar rangkaian kedua dari Asimo Tour di Indonesia, di Sekolah Alam milik Dik Doank, Kandank Jurank Doank (KJD). Robot humanoid hasil pengembangan teknisi Honda ini berinteraksi dengan sekitar 1000 anak didik Dik Doank yang ada di KJD. Ini merupakan pertama kali Asimo hadir di sekolah non formal. 

Menurut Yukihiro Aoshima, President Director PT. HPM, pemilihan KJD dalam rangkaian Asimo Tour di Indonesia adalah karena sekolah ini merupakan sekolah yang mengajarkan anak-anak tentang kreatifitas serta keberanian untuk bermimpi dan mewujudkan mimpi itu menjadi kenyataan, selain mengajarkan kedekatan dengan kehidupan dan alam. “Hal ini sesuai dengan apa yang menjadi landasan dalam penciptaan Asimo, yaitu impian bahwa teknologi dan kehidupan dapat berjalan bersama secara harmonis.”

 

Sementara itu Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT. HPM menjelaskan bahwa berbagai kemajuan teknologi yang dicapai Asimo generasi terbaru telah memungkinkannya untuk menjalankan peran sebagai sahabat dan asisten bagi manusia.  “Kami berharap kehadiran Asimo di tengah-tengah anak-anak tidak sekadar menghibur, tetapi juga memberikan inspirasi agar kelak mereka juga dapat menciptakan sesuatu yang inovatif dan berguna bagi kehidupan,” ungkapnya. 

 

Pada kesempatan di KJD ini, Asimo menunjukkan kebolehannya dalam berdansa dan menendang bola bersama anak-anak KJD, selain menunjukkan gerakan-gerakan dasar yang mampu dilakukannya seperti bersalaman dan berjalan. 

 

Kegiatan Honda bersama Kandank Jurank Doank bukan yang pertama kali diadakan. Sebelumnya, Honda juga pernah mengajak anak-anak dari Kandank Jurank Doank untuk menyaksikan secara langsung putaran pertama Honda Jazz VTEC Speed Challenge dan Indonesia Grand Touringcar Championship (IGTC) 2007 di Sirkuit Sentul, mengunjungi Booth Honda di Indonesia International Motorshow (IIMS) 2007 dan “Belajar peran dan sadar berlalu lintas” di Kidzania Jakarta pada bulan Mei 2008 lalu.

 

Asimo generasi kedua yang dibawa ke Indonesia merupakan penyempurnaan dari robot Asimo generasi pertama yang diperkenalkan pada tahun 2000. Teknologi mobilitas Asimo kini telah mengalami perkembangan pesat dibanding generasi terdahulunya, dengan berbagai kemampuan diantaranya bergerak dalam pola lingkaran dan berlari hingga kecepatan 6 km/jam. Kemampuan Asimo berinteraksi dengan manusia atau objek lainnya juga semakin sempurna, seperti menyambut tamu, berjalan bergadengan tangan dengan manusia, membawa nampan, dan mendorong kereta. 

 

Berbagai perkembangan teknologi yang dicapai melalui penelitian dan pengembangan Asimo, termasuk teknologi pengendalian postur, teknologi pengenalan citra dan suara, serta teknologi penghindaran tabrakan juga menjadi dasar dalam pengembangan teknologi yang diterapkan Honda di bidang lainnya, di seperti teknologi keselamatan pada mobil.

 

Pertunjukan Asimo ini akan dilakukan di berbagai tempat di Jakarta & Surabaya dan akan menampilkan pertunjukan yang beragam agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menyaksikan langsung robot yang paling mutakhir di dunia.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s