Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Mengenyahkan Noda Membandel June 24, 2008

Filed under: Living — heycometomyworld @ 4:24 am

Buah hati Anda sering mengotori pakaian, taplak, gordin atau serbet dengan berbagai jenis noda yang sulit dibersihkan? Tenanglah, itu bukan akhir dunia. Bahkan kalaupun gaun Anda yang senilai puluan juta rupiah itu ternoda alkohol, Anda tetap dapat menyelamatkannya.

Simak sejumlah kiat berikut ini yang membuat hidup jauh lebih mudah dan menyenangkan. Mari kita cek:

1. Noda alkohol
Jika gaun karya desainer Anda kena tumpahan alkohol saat Anda menghadiri pesta perpisahan si bos beberapa hari lalu, jangan biarkan noda ini berlama-lama. Meski pada awalnya bekas tumpahan alkohol tidak terlihat jelas, namun noda berwarna cokelat akan muncul setelah melewati proses mencuci dan menyetrika. Agar noda bisa enyah, segera setelah alkohol itu tumpah ke gaun Anda, cucilah noda dengan air hangat. Jika  masih ada noda yang tertinggal teteskan gliserin kemudian gosok perlahan dengan tangan, kemudian biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan ar hangat.

2. Darah
Mungkin Anda mendapat ‘tamu bulanan’ kelewat banyak sehingga mengotori pakaian dalam hadiah dari pasangan dengan renda sexy yang menggemaskan. Sering kali noda darah ini sulit hilang, apalagi jika sudah lama. Anda tidak mau dong pakaian dalam kesayangan terkena noda darah yang amat tidak sexy. Nah, agar si merah ini hilang, saat noda masih segar, gosoklah dengan campuran air dingin dan garam (satu sendok makan per gelas), lalu bilas dengan air bersih

3. Teh dan kopi
Hmmm, saat ngeteh atau ngopi berdua pasangan tanpa sengaja Anda menumpahkannya di taplak meja yang terbuat dari katun yang baru saja dibeli dari Pasar eringharjo, Yogayakarta saat liburkhir tahun. Agar noda tidak membekas, segeralah cuci dengan air hangat, kemudian siram dengan air panas. Setelahnya bersihkan dengan air panas yang telah dicampur sabun. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan  merendamnya dalam campuran air hangat dengan boraks, dengan takaran satu sendok makan boraksdengan per satu gelas air.

4. Susu dan es krim
Si kecil Anda ‘belepotan’ makan es krim atau saat minum susu dan mengotori bajunya? Jangan memarahinya, namanya juga proses belajar. Biarkan dia mandiri, noda bekas susu dan es krim kan bisa dihilangkan.  Caranya gosoklah bagian yang terkena susu dan es krim dengan air hangat kemudian cuci seperti biasa

5. Cokelat
Ah, siapa yang tidak suka cokelat? Sayangnya saat si kecil mengudap makanan ini dia juga ‘berbagi’ dengan gordin dan taplak meja karena memegangnya tanpa mencuci tangan. Cara menghilangkan noda cokelat adalah dengan mengikis cokelat ini yang menempel pada baju menggunakan pisau tumpul, kemudian sikat bagian yang ternoda dengan sikat gigi bekas dan air panas yang telah diberi sabun. Jika masih ada noda yang menempel, bilas dengan sabun cuci yang mengandung sodium karbonat, kemudian bilas dengan air hangat.

6. Lumpur
Main hujan memang asyik, cuma bekas aktivitas ini membuat baju si kecil ‘amit-amit’ kotornya. Dicuci dengan deterjen yang konon ampuh membasmi noda ternyata tidak terlalu banyak menolong. Cobalah cara ini: Biarkan lumpur mengering dulu kemudian sikat lumpur yang masih menempel. Nah, barulah sisa noda yang masih tersisa dibersihkan dengan deterjen adalan.

7. Pita perekat
Bekas pita perekat yang menempel di baju atau kain memang tidak indah. Namun noda ini dapat diatasi dengan menetesi bagian yang lengket dengan minyak tanah. Untuk menghilangkan bekas minyak dan aromanya, cucilah baju dengan air hangat yang telah diberi sabun.

8. Pemutih
Anda bermaksud ‘memutihkan’ baju seragam si kecil dengan cairan pemutih namun secara tidak sengaja cairannya terciprat ke baju lain yang berwarna? Tidak usah panik. Segera bilas baju yang terkena pemutih tanpa sengaja itu dengan air dingin. Kemudian untuk pemutih yang mengandung klorin, tambahkan satu sendok makan cuka yang dicampurkan dalam segelas air.

Nah, cobalah. Semoga berhasil…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s