Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Menciptakan Tempat Kerja yang Demokratis June 24, 2008

Filed under: career — heycometomyworld @ 4:20 am

Bayangkan tempat bekerja  yang hubungan antar sesama kolega harmonis terjaga, dimana manajemen transparan dalam mengumumkan kinerja perusahaan, Anda bisa menyuarakan ide dan berdampak pada prestasi kerja dan merasa 100% ada keterikatan dengan pekerjaan. Berlebihan? Tidak.

 

Itulah gambaran kantor yang demokratis. Dan sebagian besar perusahaan yang sukses dewasa ini sudah menjalankan hal semacam itu, sebutlah Southwest Airlines dan juga Google. Tempat kerja yang menganut azas demokrasi semacam ini ampuh mempertahankan dan menarik karyawan potensial, merangsang inovasi  dan mendongkrak keuntungan.

 

Harus diakui, organisasi yang demokratis biasanya dimulai di jajaran atas. Tapi apakah hal semacam itu tidak bisa dimulai dari level bawah? Jelas bisa. Mungkin tidak akan mengubah 100% suasana kantor yang kaku, puritan dan menganut gaya feodal akan menjadi  sepenuhnya demokratis. Namun setidaknya Anda sudah mulai membuat perubahan. Langkah apa saja yang harus dilakukan?

 

Setelah 10 tahun penelitian, ada 10  prinsip yang ditemukan pada perusahaan yang menganut asas demokrasi  bersamaan dengan ide bagaimana Anda dapat mengimplementasikannya pada organisasi di kantor, seperti dituturkan Traci Fento, pendiri dan CEO  WorldBlu, Inc.,  perusahaan yang khusus mendesain organisasi berbasis demokrasi:

 

1. Terbuka. Cobalah untuk bersikap terbuka dan transparan. Pada pertemuan selanjutnya, jangan ada agenda tersembunyi.  Bersikaplah tulus dan tidak dibuat-buat. Amati apakah hal ini membantu membangun kepercayaan dengan rekan kerja lain.

 

2. Bicaralah

Jangan membiarkan ‘kesunyian’ menjadi halangan untuk menjalin komunikasi. Ajaklah orang lain untuk terlibat dalam dialog mengenai masalah perusahaan.

 

3. Berlaku adil

Perlakukan orang lain secara adil. Lupakan sikap ‘pertemanan’ sesama alumni sekolah tertentu yang menempatkan cap pada seseorang ‘siapa’ dan ‘bukan siapa-siapa’.

 

4. Pahami arti hidup

Pahami  apa tujuan dan visi hidup Anda dan pastikan hal itu cocok dengan yang dilakukan sekarang. Jika tidak, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan baru yang sesuai dengan tujuan hidup Anda.

 

5. Hindari menyalahkan orang lain

Berhentilah menunjuk si A, si B atau si C untuk sebuah kesalahan. Sebaliknya  cari tahu duduk masalah yang sebenarnya. Kemudian baru tarik kesimpulan

 

6. Setiap orang itu unik

Setiap orang itu unik.  Pahamilah bahwa setiap individu memiliki peran   dalam mencapai tujuan bersama

 

7. Satu ukuran belum tentu cocok untuk semua orang

Lakukan apa yang bisa dilakukan untuk memastikan Anda dan rekan kerja memiliki sebuah pilihan terkait dengan jenis pekerjaan yang dilakukan serta jadwalnya. Adanya pilihan membuat orang tidak merasa terperangkap

 

8. Integritas

Integritas adalah nama permainannya, jadi pastikan semua pekerjaan dilakukan tanpa mengabaikan norma-norma. Bebas tapi disiplin.

 

9. Komitmen

Tanamkan pada diri Anda sebuah komitmen untuk menjadi lebih baik. Selalu melakukan refleksi ke arah yang lebih baik, yang akan membantu Anda dan perusahaan bekerja optimal di semua level.

 

10. Katakan tidak untuk skema piramida

Meskipun pada waktu tertentu kita semua ingin berada di atas, namun jangan lakukan. Jangan ingin menonjol sendirian. Bantulah teman Anda mencapai kemampuan sama dengan Anda lewat ajang berbagi lmu, rahasia sukses, dan lain-lain.

 

Sebelum memulai langkah ini, carilah rekan kerja yang bisa menjadi sekutu yang solid, mulai jalankan dan lihat hasilnya. Cara terbaik untuk bisa menang di tempat kerja adalah menciptakan sebuah lingkungan dimana semua orang bisa menerimanya. Kuncinya: Jangan pernah bosan dan patah semangat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s