Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Gaya Hidup yang Bikin ‘Dipensiunkan’ dari Pekerjaan June 24, 2008

Filed under: career — heycometomyworld @ 4:17 am

Bisakah burger dan rokok membuat Anda dipecat dari pekerjaan? Mungkin. Bisa saja. Mungkin kedengaran mengejutkan, namun banyak tindakan dan gaya hidup membahayakan karir Anda.

Ada berapa hal sih yang biasanya disorot perusahaan terhadap karyawannya? Untuk perilaku, waspadalah terhadap rokok, minuman keras da makan berlebihan. Perilaku ini ditinjau dari sisi asuransi keseahatan menjadi ‘faktor’ risiko yang membuat premi yang dibayarkan perusahaan kepada jasa asuransi menjadi lebih mahal.

Intinya, perilaku yang tidak sehat tadi dinilai perusahaan sebagai ‘kerugian’ yang mesti siap ditanggung, dan akan mengurangi keuntungan. Sejauh itu? Ya.

Ada lagi? Tentu. Hati-hati bicara, khususnya masalah isu-isu sensitif di kantor. Ingat dinding saja punya telinga. Salah bicara, ancaman pemecatan bisa di depan mata.

Hubungan romantis dengan karyawan dari perusahaan kompetitor. Ini gawat. Kalau sampai ketahuan bisa berabe. Bos tentu mencemaskan kalau rahasia kantor bocor ke perusahaan pesaing, tanpa Anda sadari.

Aktivitas politik. Anda mendukung calon presiden dari partai X, sementara atasan Anda mendukung partai Y. Bicara masalah politik, sebaiknya Anda hati-hati, bisa melihat siapa ‘kawan’ siapa ‘lawan’.
Yang lebih heboh, jika Anda bekerja di industri tertentu yang spesifik. Jika tidak hati-hati, alamat bisa jadi pengangguran. Mungkin karyawan perusahaan otomotif  X tidak masalah jika dia memiliki mobil dari merek Y. Namun seorang karyawan bank yang ketauan memiliki kartu kredit dari bank pesaing? Oh, tiada maaf bagimu.
 
Mungkin terlihat tidak adil jika memberhentikan karyawan karena berbagai macam alasan di atas. Namun hal itu bisa terjadi, sering malah.  “Sayangnya sebagian besar karyawan tidak menyadari hal itu, hingga datang saat naas itu. Datang surat peringatan yang berujung pemecatan. Termasuk menjelek-jelekkan bos, walaupun mungkin yang dibicarakan itu memang fakta,” ujar Paul Secunda, seorang asisten guru besar hukum di University of Mississippi, seperti dilansir Yahoo! HotJobs.

“Itu berarti bisa saja karyawan dipecat karena suatu alasan atau bahkan tanpa alasan sama sekali,” lanjut Secunda.

Karyawan yang  perusahaannya memiliki serikat pekerja serta pegawai negeri relatif aman, namun tidak demikian halnya dengan swasta, yang jumlah angkatan kerjanya jauh lebih besar di negeri ini.

Berikut ini lima tip berguna yang bisa menjadi bahan acuan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan:

1. Pahami konsep perusahaan, berikut kebijakannya.
Bacalah buku pedoman perusahaan. Jika perlu tanyakan ke departemen sumber daya manusia untuk pertanyaan yang belum terjawab.
2. Jika ada masalah dengan perusahaan, jangan buru-buru menyebarkan berita negatif ke media, karena hal itu hanya mengekspos sisi  negatif Anda dan perusahaan.
Seesaikan masalah secara internal, jika akhirnya deadlock, minta bantuan pihak lain, misalnya pengacara.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s