Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Kloning Sel Mampu Atasi Kanker Kulit? June 21, 2008

Filed under: Health — heycometomyworld @ 4:09 am

Tim ilmuwan di Amerika Serikat menyatakan, mereka berhasil merawat seorang laki-laki yang menderita kanker kulit berat dengan cara meng-kloning salah satu sel darah sistim kekebalan tubuhnya agar dapat menyerang penyakit tersebut.  Pria berusia 52 tahun tersebut bebas dari melanoma dua tahun setelah perawatan.

 

Seperti dilaporkan New England Journal of Medicine, teknik medis ini dilakukan dengan mengisolasi salah satu sel pelawan kanker, T-cell, dan menciptakan beberapa miliar kloning-nya di laboratorium dan mengembalikan sel-sel itu ke tubuh si pasien.

 

Dalam dua bulan, hasil scanning menunjukkan tumor di paru-paru dan kelenjar getah bening laki-laki itu hilang dan dua tahun setelah perawatan itu dia masih bebas dari kanker.

 

Para peneliti menekankan bahwa terapi ini masih membutuhkan penelitian yang lebih luas untuk memeriksa efektivitas sistim itu terhadap berbagai jenis penyakit kanker.

 

Para ilmuwan di Inggris memperingatkan pengujian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan efektivitas perawatan tersebut.

 

Si pasien mengidap melanoma tingkat lanjut yang telah menyebar ke paru dan limfa.

 

Para ilmuwan di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle berkonsentrasi pada jenis sel darah putih yang dinamai sel CD4+ T.

 

Dari sampel sel darah putih si pria, mereka bisa memilih sel-sel CD4+ T yang yang telah secara khusus diarahkan untuk menyerang bahan kimia yang ditemukan pada permukaan sel-sel melanoma. (bbc)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s