Heycometomyworld’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Gay Sudah Ditakdirkan dari ‘Sononya’ June 20, 2008

Filed under: Relationship — heycometomyworld @ 1:18 pm

Satu lagi masalah orientasi seksual terjawab. Setidaknya untuk saat ini. Sebuah studi menegaskan bahwa orientasi seksual seseorang sudah dibentuk sejak dalam kandungan. Otak pria gay dan perempuan mirip dengan yang ditemukan pada orang heteroseksual dari lawan jenis.

Studi yang dilakukan di Swedia dan dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences,  Dengan menggunakan teknik scanning otak terhadap 90 relawan, para peneliti di Swedia mengatakan, laki-laki gay dan wanita heteroseksual memiliki otak yang sangat simetris.

Belahan kanan dan kiri otak memiliki ukuran yang hampir sama di kedua kelompok itu. Sementara laki-laki heteroseksual memiliki otak di mana belahan kanan ukurannya jauh lebih besar dari belahan kiri, hal yang menurut temuan itu juga terdapat pada otak perempuan gay.

Para ilmuwan Inggris mengatakan ini sebuah bukti bahwa orientasi seksual ditentukan sejak bayi dalam kandungan.

“Sejauh ini saya mencemaskan bahwa tidak ada lagi argumen, sekali Anda gay selamanya akan begitu karena sudah ditentukan sejak dalam kandungan,” ujar  Dr Qazi Rahman pengajar biologi kognitif dari University of London.

Para peneliti juga menemukan bahwa sistem syaraf di bagian otak yang mengendalikan reaksi emosi, mood dan kegelisahan laki-laki gay dan wanita heteroseksual sangat mirip.

Menurut para penulis laporan itu, penelitian itu tidak bisa membenarkan apakah ukuran otak manusia menentukan orientasi seksual atau apakah ukuran otak ditentukan oleh orientasi seksual.

Mereka juga tidak bisa membuktikan apakah perbedaan dalam struktur otak ini disebabkan oleh seberapa besar pembentukan hormon seperti testosteron di dalam kandungan.

Para peneliti berencana untuk melakukan penelitian lebih jauh terhadap otak bayi-bayi yang baru lahir guna menentukan apakah perbedaan struktur otak dapat digunakan untuk memperkirakan orientasi seksual mereka di masa depan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s